Oct 14, 2012

Posted by jinson on 10:40 PM No comments
Sayuran tradisional ini rasanya ngangenin, cuaca yg panas ini pengen banget bikin brongkos dan kebetulan bahannya pas ada dan bikinnya gak ribet. Berikut resepnya.....
Ayam Gurih
cuci ayam sampai bersih tambahkan air jeruk nipis, garam dan ketumbar bubuk. diamkan di kulkas 15mnt. Karena lagi diet lemak maka kulitnya kubuang. lalu rebus air masukkan bawang putih cincang 1siung dan bawang merah 2-3 siung dan juga 2btg serai yg sudah di gebrek, lalu masukkan ayam yg sdh dibumbui td. oiya biar lbh gurih tambahkan garam di air rebusan, masak dgn api sedang sampai matang angkat dan goreng dengan minyak panas dan besar. hemmm.... krenyes2 deh :)

Brongkos
Bahan:
5 bh tahu kulit potong2, air secukupnya, 1bungkus santan kara kecil tambah air dikit kira2 100ml, 11 cabe rawit, 1 genggan kacang tholo, 1 buah labu siam potong dadu, 2 lbr daun salam, 2 lbr daun jeruk purut, 1 btng sereh memarkan.

Bumbu haluskan:
3 bh keluwak, 2 bh cabe merah, 1 ruas kencur,1 ruas lengkuas,1 ruas jahe,1 sdt garam, 1 sdt gula pasir.

Cara membuat:
Rendam kacang tholo selama 1 jam, tiriskan. Didihkan air, rebus kacang tholo hingga empuk, masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh dan 11 cabai rawit.
Sementara itu, panaskan minyak goreng sedikit utk menumis bumbu halus hingga wangi lalu masukkan kedalam rebusan kacang tholo, aduk dan Masukkan labu siam, tahu kulit aduk didihkan. Masukkan air santan aduk didihkan dan rasakan, jika suka tambahkan kaldu ayam bubuk. Masak hingga mendidih lagi.
Selamat mencoba ya......

Categories:

0 comments:

Blog Archive