Gelar Seni dan Budaya Kampung Bakpia Pathuk, Yogyakarta

Ada info dr temen kalau di kampung pathuk ada bagi2 bakpia gratis sekitar 6000 bakpia. Kalau wisata di jogja tidak afdol deh kalau gak bawa oleh2 bakpia, yaa... betul, di belakang malioboro tepatnya di kampung pathok banyak toko2 yg jualan bakpia.
Sebelum ke sana kita telusuri dulu neh sejarahnya..... Yaa.... Kampung Pathuk, Kampung ini terkenal sebagai sentra pembuatan bakpia yang merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta. Dan Bakpia Yogyakarta selalu khas dengan angka misal bakpia pathok 25, 77 dll. Angka-angka ini ternyata menunjukkan nomor rumah pembuatnya. Bakpia sendiri sebenarnya berasal dari negeri Cina, aslinya bernama Tou Luk Pia, yang artinya adalah kue pia (kue) kacang hijau. Dan Bakpia mulai diproduksi di kampung Pathuk Yogyakarta, sejak sekitar tahun 1948. Itu sedikit cerita tentang kampung bakpia pathuk.
Saya dapat edaran kalau acara dimulai dari pukul 18.00, abis magrib saya meluncur ke sana dan teng tong..... ternyata.... dah habis itu bakpia gratis hehehe..... karena lagi pengen makan bakpia akhirnya beli di salah satu stand yg menjual dengan harga murah, yg biasanya satu box isi 20biji dijual dengan harga 20-25rb malam ini tadi dijual 13-15 rb per box.
Namanya seni budaya jadi tidak hanya bazar makanan saja tp juga ada pagelaran seni, yg di meriahkan oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil dan dewasa hingga orang tua. kebetulan saya sempat ambil gambar 3org anak kecil sedang menyanyi lagi gundul2 pacul, seru juga dan sangat menghibur warga hehehhe....
Jalan2 ku di kampung bakpia pathok terganggu dengan pekerjaan, akhirnya sebelum acara selesai kita pulang. Gak apalah yg penting sudah mencicipi bakpia asli buatan kampung bakpia pathok xixixixi... teman, jangan lupa kalau ke jogja cari oleh2 mampir ke kampung bakpia pathok ya.... ^_*

Comments